Friday 28 August 2020

Materi 1 Pengenalan Teknologi dan Informasi

0 comments

A. Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat menunjukkan bahwa industri teknologi informasi dan komunikasi dunia sekarang sudah benar-benar ke arah mobilitas yang sangat kompleks menembus batasan fisik ruang dan waktu. Oleh karena itu, kita perlu memahami akan keberadaan berbagai peralatan teknologi informasi
dan komunikasi tersebut yaitu dengan mengenal, menggunakan dan merawat peralatan teknologi informasi dan komunikasi agar dapat dipergunakan untuk membangun potensi diri kita masing-masing.

1. Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sebelum menyebutkan tentang pengertian teknologi informasi dan komunikasi, marilah kita melihat sejarah awalnya komunikasi dilakukan. Tentu kamu masih ingat ketika belajar sejarah bersama gurumu bahwa pada zaman dahulu manusia melakukan komunikasi menggunakan kata-kata, kode-kode, bunyi-bunyian dan berbagai bentuk simbol tertentu untuk menyampaikan informasi berupa ide atau gagasan walau hanya sekedar mengobrol, hal itu karena mereka belum mengenal tulisan.

Kemudian, komunikasi berkembang sampai sekarang menggunakan gambar dan tulisan dengan berbagai macam alat bantu seperti surat, e-mail, bahkan sampai menggunakan fasilitas teleconference yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah dalam waktu yang bersamaan.

Dalam kehidupan sehari-hari dapat dicontohkan misalnya dengan membandingkan antara surat dengan e-mail. Zaman dulu orang mengirim surat ke kantor pos dan dalam beberapa hari baru sampai ke tempat tujuan. Dengan adanya internet, mengirim surat dapat dilakukan melalui fasilitas e-mail dan pesan akan sampai dalam hitungan beberapa detik saja.

Jadi, apa yang dimaksud dengan teknologi informasi dan komunikasi? Agar kamu lebih mudah mempelajarinya, pahamilah beberapa pengertian teknologi informasi dan komunikasi berikut ini:
■ Teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pemrosesan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima.

■ Menurut Haag dan Keen (1996), teknologi informasi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan data.

■ Menurut Martin (1999), teknologi tak hanya terbatas pada teknologi komputer (hardware dan software) yang digunakan dalam pemrosesan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

■ Menurut Williams dan Sawyer (2003), teknologi informasi adalah penggabungan komputasi yaitu komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
■ Teknologi Informasi dan Komunikasi sering disingkat TIK atau ICT (information and communication technology). Ada juga yang menyebut dengan istilah “telematika” yaitu singkatan dari telekomunikasi dan informatika.

Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi diartikan sebagai teknologi untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan berbagai jenis file informasi dengan memanfaatkan komputer dan telekomunikasi yang lahir dari dorongan-dorongan kuat untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas baru yang dapat mengatasi segala kemalasan dan kelambatan kinerja manusia.

2. Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Berdasarkan waktu perkembangannya, peralatan teknologi informasi dan komunikasi dibedakan menjadi dua yaitu media komunikasi tradisional (kuno) dan modern. Media komunikasi tradisional masih sangat sederhana jika dibandingkan dengan media komunikasi modern yang saat ini banyak bermunculan. Berikut ini
penjelasan dari macam-macam media komunikasi baik yang tradisional maupun yang modern.


a. Media Komunikasi Tradisional (Kuno)
1). Asap
Media komunikasi ini tergolong unik dan sangat populer digunakan oleh bangsa Indian di Amerika. Asap dapat digunakan untuk mengirimkan informasi rahasia kepada teman maupun lawan. Dalam berkomunikasi menggunakan asap, tidak ada kode-kode yang baku sehingga tidak semua
orang dapat membaca maksud dari kepulan asap yang dikirim. Namun yang umum dan sering kita lihat di beberapa film, asap dapat digunakan untuk meminta bantuan ketika seseorang sedang tersesat di hutan dengan cara menunjukan keberadaannya menggunakan asap. Atau mungkin kamu pernah ikut dalam kegiatan Pramuka dimana mereka menggunakan asap dalam suatupermainan pesan berantai.

2). Kentongan

Pada  masa  kerajaan,  kentongan  digunakan  untuk  menyampaikan pesan dan perintah dari sang raja kepada rakyatnya.

Meskipun  saat  ini  teknologi  sudah semakin    canggih,    namun    sebagian masyarakat tidak bisa meninggalkan media komunikasi  tradisional  ini  khususnya  di daerah pedesaan yang digunakan sebagai sarana ronda malam. Ada juga kentongan yang bentuknya cukup besar atau yang sering disebut ”bedug” digunakan oleh masyarakat sebagai penanda waktu sholat tiba.

Dalam penggunaannya, kentongan dipukul dengan irama yang berbedabeda sesuai kejadian yang akan dan sedang terjadi. Misalnya, tanda kentongan yang menandakan adanya kebakaran rumah, adanya bencana banjir, adanya pencurian,  atau  akan  adanya  gerombolan  pasukan  lawan  yang  datang menyerang dimasa peperangan kerajaan zaman dahulu.

3). Prasasti

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, prasasti merupakan piagam yang tertulis pada batu, tembaga, dan sebagainya. Prasasti merupakan sumber sejarah penting untuk mengungkap peristiwa masa lalu. Prasasti merupakan sumber dokumen tertulis yang orisinil dan pasti terjamin keasliannya sebagai peninggalan masa lalu.

Menurut Matrical Eulogitic Inscription, Ms. Dannel, Sanskrit Dictionary, Prasasti berarti tulisan yang berisi pujian dan merupakan anugerah yang diberikan seorang raja kepada rakyatnya dan berlakunya secara turun temurun.

Istilah tersebut dalam Negara Kertagama dikatakan sebagai purwasarirareng prasatyalama tan rinaksan iwo, yang berarti hak-hak istimewa yang sejak dahulu dilindungi oleh prasasti kuno.

4). Daun Lontar

Selain prasasti, daun lontar juga digunakan sebagai alat komunikasi
masa lalu. Daun lontar adalah daun dari pohon siwalan yang dikeringkan. Daun lontar dikenal juga sebagai daun pohon Nira. Daun lontar di pakai untuk menulis naskah dan kerajinan. Naskah dari lontar banyak ditemukan di Sunda,  Jawa, Bali, Madura, Lombok, dan Sulawesi Selatan. Sedangkan kerajinan dari lontar digunakan untuk bahan baku atap rumah dan produk utama anyaman serta kipas.

Media Komunikasi Modern

1). Telegraf

Alat ini ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse, Sir William Cook, dan Sir Charles Wheatstone pada tahun 1837. Menurut sejarahnya, pada tahun 1793 ditemukannya jalur telegraf optic jarak jauh oleh Claude Chape. Kemudian tahun 1843, Samuel FB. Morse membuat jalur telegraf listrik jarak jauh. Telegraf   adalah   alat   komunikasi   yang menggunakan  peralatan  listrik  untuk  mengirimkan dan  menerima  sinyal  sesuai  dengan  kode  dalam bentuk pulsa listrik.

2). Telepon

Beberapa  puluh  tahun  yang  lalu  terjadi  kontroversi  tentang  siapa yang telah menemukan pesawat telepon. Selama ini yang kita kenal adalah Alexander Graham Bell sebagai penemunya. Sebenarnya bukan, setelah berbagai kontroversi dan pengakuan para ilmuan jaman dulu, mulai dari Elisha Gray (Amerika), Philipp Reis (Jerman), dan Alexander Graham Bell (Amerika) ternyata dalam sebuah kongres di Amerika Serikat menyatakan bahwa yang menemukan pesawat telepon adalah seorang berkebangsaan Italia yang bernama Antonio Meucci (Dikutip dari Detikinet.com).

Kalau kita lihat sejarah perkembangan telepon, dapat kita uraikan sebagai berikut:

■ Tahun 1889, Almond Stroger menciptakan telepon yang dapat langsung berhubungan dengan nomor telepon yang lain tanpa melalui operator.

■ Tahun 1906, Lee de Frost menemukan tabung vakum untuk menguatkan gelombang suara pada telepon.

■  Tahun 19418, telah dilakukan panggilan telepon antar benua di dunia.

■  Tahun 1948, Perusahaan Bell Telephone mengembangkan penggunaan transistor untuk telepon.

■  Tahun 1962, Telstar satelit komunikasi pertama dikirim ke orbitnya untuk melayani telepon jarak jauh.

■  Tahun 1980, penggunaan kabel serat optik sebagai saluran komunikasi antar benua lewat bawah laut.

■  PSTN, penggunaan telepon untuk  Voice Chatting.

Televisi

Televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal (logam kecil) yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkov sekitar tahun 1883.

Telepon Genggam (Handphone)

Awal  telepon  dibuat  hanya  terbatas  pada  telepon  tetap (fixed  line telephone). Namun sejak 3 April 1973 telah dikenal suatu teknologi telepon genggam atau yang sekarang banyak orang sebut dengan nama handphone (HP)

Faksimili (Faks)

Faksimili ditemukan oleh Alexander Brain pada tahun 1843. Faksimili berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya. Faksimili digunakan untuk menerima dan mengirim informasi melalui telefoto dengan  sistem  reproduksi  fotografi  sehingga  memungkinkan  kita  dapat mengirimkan salinan isi suatu halaman, baik berupa tulisan maupun gambar ke mesin faksimili lain melalui saluran telepon dalam hitungan menit. Mesin Faksimili sering disebut juga dengan mesin fotocopy jarak jauh.

Radio

Radio merupakan alat yang sangat penting sejak ditemukan untuk mengirimkan pesan suara dari jarak yang jauh. Radio adalah alat yang dapat menerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Pocket PC (PDA)

Alat ini tergolong yang paling modern dan banyak dimiliki oleh kalangan tingkat atas. Pocket PC sering disebut sebagai komputer mini karena bentuknya yang kecil dan dapat dibawa ke mana-mana. Selain itu, disebut juga dengan nama PDA (Personal Digital Assistants) yaitu sebuah komputer seukuran telapak tangan yang dapat digunakan untuk menyimpan, mengakses dan mengorganisasi informasi.

LCD Proyektor

LCD (Liquid Crystal Display) Projektor adalah alat penyampai informasi dengan cara menampilkan informasi tersebut dalam sebuah presentasi di layar yang besar sehingga pesan yang disampaikan terasa lebih menyenangkan bagi penerimanya. Biasanya alat ini memperoleh input-nya dari sebuah file yang
dibuka pada aplikasi komputer atau laptop.


 Perangkat Yang Digunakan Dalam TIK

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA KOMPUTER

Komponen utama komputer merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah sistem komputer, karena dalam sebuah sistem komputer jika satu saja dari komponen utama tersebut tidak ada, maka sistem komputer pun idak akan berjalan atau tidak befungsi sebagaimana yang diharapkan
Komponen utama dalam sistem komputer ada tiga yaitu:

Hardware
Software
Brainware

Hardware
Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer merupakan komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan.
Perangkat tersebut antara lain adalah:

Keyboard
Mouse
CPU
Monitor
Printer

Software
Software atau perangkat lunak adalah suatu program yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang dimengerti oleh komputer. Perangkat komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan apapun tanpa adanya software. Dengan adanya software ini kita dapat meminta pada komputer untuk : mengetik suart/dokumen, menghitung, menggambar, megeluarkan suara dan lain sebagainya.

Software dapat dibedakan berdasarkan fungsinya antara lain yaitu:
Sistem Operasi
Aplikasi
Sistem Operasi

Software Sistem Operasi, berfungsi sebagai :
Interpreter yaitu: Menterjemahkan perintah dari software aplikasi kedalam perintah yang di mengerti oleh computer
Configurasi Hardware yaitu: Mengenal peralatan pendukung komputer (pheriperal)
Manajemen File yaitu: Pengolahan File (data dan program). Contoh sistem operasi: Windows, Linux, dll

Aplikasi
Software Aplikasi ini dikelompokan berdasarkan fungsi atau bidang pekerjaan yang dilakukan, Software aplikasi yang umum ada di pasaran antara lain :

Pengolah Kata (Word Processing) Contoh: Microsoft Word, Word Perfect, Open Office, dll
Pengolah Angka atau Data tabel (Spreadsheet) Contoh: Microsoft Excel, Lotus 123, Super Calc, dll
Pengolah Database Contoh: Microsoft Access, Fox Pro, dll
Membuat Slide Presentasi Contoh: Microsoft Power Print, Story Board, dll
Pengolah Gambar Contoh: Adobe Photoshop, ACD See dll
Bahasa Pemrograman Contoh: Pascal, Java, Visual Basic, dll
Game (Software Permainan) Contoh : PC Game Dan lain sebagainya

Brainware
Brainware yaitu pemakai komputer atau orang yang mengoperasikan komputer (User), karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang mengopersikan (user) nya maka komputer tersebut tidak dapat digunakan.
User atau pemakai komputer ada 3 tingkatan yaitu:

Sistem Analis
Programer
Operator

Interaksi antara Komponen

Dari ketiga komponen dalam sebuah sistem komputer yaitu Hard ware, Soft ware dan Brainware, satu dengan lainya saling berkaitan erat. Jika satu komponen saja tidak ada maka sistem komputer tidak dapat berjalan. Karena komputer hanya merupakan rangkaian komponen-komponen elektronik yang dapat berfungsi atau bekerja bila semua komponen utama-nya saling mendukung. Ketiga komponen pengolah data dalam sebuah sistem komputer dapat digambarkan seperti pada gambar di samping.

No comments: