Tuesday 28 July 2020

Konsep Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif

0 comments
Tahukah kalian dengan MultiMedia? Apa itu Konsep? Apa itu Interaktif? Jika kalian penasaran dengan jawabannya ayo kita simak baik-baik GReader. Artikel yang saya buat kali ini bertujuan untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan Multimedia itu. Semoga artikel ini dapat membantu menjawab semua pertanyaan dari para GReaders yah yang selalu setia untuk membacanya.
Konsep adalah sesuatu hal yang memahami dari suatu pemikiran atau ide yang ada. Sedangkan Multimedia secara istilah multimedia ini memiliki dua kata yang berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata ‘multi’ yang mempunyai arti banyak dan ‘medium’ yang kalau arti multimedia ini GReader adalah sesuatu yang di gunakan untuk memberikan atau bisa juga membawa sebuah hal. Jadi artian secara keseluruhan Konsep Multimedia itu ialah pemahaman tentang pemanfaatan komputer dalam pembuatan dan penggabungan dari bagian teks, gambar, suara, video, dan animasi yang dapat membuat sipemakai dalam menggunakan atau berhubungan baik secara web ataupun media. Artian Multimedia menurut beberapa ahli yang ada antara lain, ialah:
  1. Menurut Vaughan, Multimedia ialah suatu gabungan dari suara, teks, gambar, animasi, dan juga video yang diberikan dengan memakai barang elektronik seperti komputer dan lain-lain.
  2. Menurut Rada, Multimedia mengacu kepada gabungan berbagai media yang ada.
  3. Heinich, russel,Molenda, dan Smaldino. Menurut mereka Multimedia tertunjuk kepada bermacam gabungan dari dua atau lebih susunan media yang ada di dalam bentuk informasi atau program.
 Berdasarkan pengertian dari para ahli tersebut GReader dapat kita jelaskan bahwa Multimedia tersebut merupakan gabungan antara bermacam media seperti teks, gambar, audio, dan tanggapan yang digunakan untuk memberikan suatu pesan atau informasi yang ada dari si pengirim di berikan kepada si penerima sebuah informasi tersebut.
Multimedia ini terbagi menjadi dua jenisGReader yaitu Mulitimedia linear dan Multimedia Interaktif. Multimedia linear merupakan multimedia yang tidak sama sekali menggunakan suatu alat untuk mengontrol yang akan dilakukan oleh pemakai, contohnya ialah TV dan Film. Sedangkan Multimedia Interaktif merupakan kabalikan dari Multimedia Linear itu sendiri, pada intinya Multimedia ini memiliki dengan suatu alat untuk mengontrol dan dapat di gunakan oleh pemakai itu sendiri, sehingga membuat pemakai tersebut bisa memilih tujuan selanjutnya. Contohnya ialah Aplikasi Game dan lain-lain.
Multimedia interaktif ini terbagi menjadi dua  jenis, yaitu:
  1. Hierarchyal,pengguna mempunyai pilihan terhadap topik yang bisa menjadi sub topik
  2. Non-linear, membiasakan pengguna untuk bebas dalam pergerakan untuk bisa melihat isi mater itu dengan cara berkomunikasi terhadap komputer tersebut
Multimedia interaktif ini ialah penggabungan semua media GReader misalnya nih Teks, Gambar, Audio, Video, dan ada Animasi.
  1. Teks
Teks ialah suatu artian yang berupa medium visual yang dipakai untuk mengartikan bahasa lisan. Teks tersebut memiliki bermacam jenis bentuk, ukuran dan juga warna.
  1. Gambar
Gambar merupakan suatu hasil dari penjelasan sebuah gambar visual yang ada . Untuk GReader ketahui gambar ini diperlukan untuk menunjukkan informasi yang tidak bisa diartikan lewat sebuah kata.
  1. Audio
Audio adalah semua hal yang dapat didengar dengan menggunakan indra pendengaran
  1. Video
Video merupakan sebuah hal yang dapat dilihat dan juga didengar.
  1. Animasi
Suatu pergerakan yang diciptakan dengan menampilkan deretan frame kepada layar.

Adapun Keuntungan dan Kerugian dalam penggunaan Multimedia berbasis Web antara lain: 

 Keuntungannya sebagai berikut:
  • Dapat menghadapi masalah dalam pembelajaran
  • Belajar dengan menggunakan penglihatan
  • pembelajaran lebih bagus dan memuat mudah
  • Banyak pemikiran yang bisa untuk disampaikan
Kekurangannya untuk GReader ketahui  bahwa membutuhkan banyaknya waktu dan biaya dalam pembelajaran yang dipakai sahabat GReader selain itu juga butuh waktu dalam mendownloadnya untuk ini.

Penulis : Harist Aryo Putra